Cara Mengenali Diri Sendiri Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui

Cara Mengenali Diri Sendiri Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui
Cara Mengenali Diri Sendiri Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui
Cara Mengenali Diri Sendiri Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui - Cara mengenali diri sendiri menurut islam sangat penting untuk dilakukan setiap Muslim. Mengenali diri sendiri merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Barang siapa yang mengenali dirinya sendiri niscaya dirinya juga mengenal Allah. Bagaimana tidak, ketika Anda sebagai umat muslim mengenal diri Anda sendiri, maka Anda akan tahu siapa pencipta Anda.

mengenali-diri-sendiri-menurut-islam,

Dari mana Anda diciptakan dan siapa yang menciptakan Anda, semuanya akan Anda ketahui. Bahkan untuk apa Anda diciptakan dan kemana Anda akan pergi setelah meninggal dunia nantinya. Cara mengenali diri sendiri menurut islam sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan.

Artikel terkait: Cara mengetahui bakat anak kita

Caranya yaitu dengan mengaji, ada banyak ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang dapat Anda pahami maknanya

Misalnya saja firman Allah yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu QS: As-Sajdah ayat 7:
“Yang menciptakan segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah.”
Dari ayat tersebut, Anda dapat mengenal diri Anda yaitu manusia yang diciptakan dari tanah.

Kemudian ayat selanjutnya yaitu QS: As-Sajdah ayat 8:
“Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.”

Serta QS As-Sajdah ayat 9:
“ Kemudian Dia menyempurnakan dan juga meniupkan roh-Nya (ciptaan-Nya) ke dalamnya. Dan Dia menjadikan untuk kamu pendengaran, penglihatan dan juga hati, tetapi kamu sedikit bersyukur.”

Cara mengenal diri sendiri menurut islam dengan mengaji memang merupakan cara yang tepat. Dari 3 ayat tersebut saja, Anda sudah dapat mengenali diri Anda dengan baik. Anda adalah manusia yang diciptakan dari tanah dan menjadikan keturunan Anda dari sari pati yang hina.

Lalu ditiupkanlah roh ke dalam jasad, dengan kata lain diri manusia terdiri lahir dan batin. Dimana lahir adalah jasad atau badan dan batin adalah roh yang menjadi raja di dalam tubuh manusia. Cara mengenali diri sendiri menurut islam dengan mengaji akan membantu Anda untuk selalu bersyukur.

Sebagai manusia ciptaan Allah SWT yang terdiri lahir dan batin, Anda harus tahu keduanya. Lahir adalah badan atau jasad atau tubuh manusia yang ketika manusia itu meninggal maka akan kembali ke tanah.

Baca juga:
Cara Mengetahui Orang Yang Unfollow Instagram, Ini Langkah Mudahnya
5 Cara Mengetahui Orang Berbohong Dengan Melihat Gerak-Geriknya
Cara Mengetahui Bakat Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Manusia diciptakan dari tanah dan akan kembali ke tanah, namun tidak dengan roh atau batinya. Batin atau roh merupakan raja yang mengatur jasmani atau badan manusia itu sendiri. Cara mengenali diri sendiri menurut islam dengan mengaji akan membantu mengetahui lebih banyak kekuasaan Allah SWT sebagai penciptanya.

Keimanan kepada Allah juga akan semakin meningkat seiringnya manusia mengenali dirinya sendiri. Untuk itu sebagai umat Muslim, perbanyaklah mengaji untuk mengenali diri Anda sendiri. Cara mengenal diri sendiri dalam islam tidak sulit untuk Anda lakukan. Anda dapat mengaji sendiri dengan membaca Al-Qur’an dan memahami makna yang tersirat di dalamnya. Jika Anda tidak pandai dalam memahami firman-firman Allah, tidak ada salahnya Anda memiliki guru mengaji. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara mengenali diri sendiri menurut islam.
Advertisement