2 Langkah Mudah Cara Mengetahui Ip Public

2 Langkah Mudah Cara Mengetahui Ip Public
2 Langkah Mudah Cara Mengetahui Ip Public
2 Langkah Mudah Cara Mengetahui Ip Public - Secara umum yang banyak diketahui adalah ip addres private yang digunakan untuk memproses jaringan lokal. Cara mengetahui ip public ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis. Namun sebelum membahas bagaimana cara untuk mengetahui ip publik setiap komputer maka Anda perlu mengetahui fungsi atau kegunaan dari ip publik ini. Fungsi dari ip publik ini tidak jauh berbeda dengan ip address pribadi yang biasa digunakan pada jaringan lokal. IP address publik ini juga bisa ditinjau dimana saja dan kapan saja.
Cara mengetahui ip public ini sangat penting bagi Anda yang sering menggunakan laptop ataupun komputer untuk browsin dan tersamung dengan internet. Hal ini dikarenakan ip public ini merupakan alamat utama pada saat kita tersambung dengan internet. IP public juga mempunyai fungsi sebagai domain utama agar kita dapat melakukan browsing dan tersambung ke internet. Cara mengetahui ip public kita sendiri biasanya bisa dilakukan dengan cara yang mudah yaitu dengan menanyakannya langsung pada provider yang digunakan.

IP publik ini merupakan ip yang diberikan oleh provider yang kita gunakan untuk tersambung dengan internet. Jadi cara mengetahui ip public komputer kita yang paling mudah, yaitu dengan menanyakannya langsung. Namun provider sendiri sudah memberikan ip publik ini kepada setiap pelanggannya pada saat awal pembelian router modem. Jika Anda lupa ip publik yang diberikan, maka ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ip public milik komputer Anda.

Kedua cara mengetahui ip public website tersebut yaitu:

1. Menggunakan webiste tertentu

Cara termudah untuk mengetahui ip public yang digunakan oleh komputer ataupun laptop Anda adalah dengan menggunakan website tertentu. Dengan menggunakan alamat website tertentu ini Anda dengan cepat dan mudah bisa mengetahui alamat ini public Anda. Namun untuk mengakses website ini tentunya Anda harus tersambung terlebih dahulu dengan koneksi internet yang stabil.

2. Menggunakan menu cmd

Cara mengetahui ip public yang kedua yaitu dengan menggunakan menu cmd. Untuk menggunakan menu cmd ini sangat mudah, Anda bisa mengaksesnya melalui menu run dengan cara mengetikkan kata cmd pada kotak dialog run. Setelah muncul kotak dialog cmd maka ketikkanlah ipconfig kemudian tekan enter. Maka dengan sendirinya informasi mengenai ip public yang digunakan akan segera muncul.

Dengan dua cara mengetahui ip public diatas Anda bisa mengetahui ip pulic milik kkomputer Anda. Jika suatu saat diperlukan untuk diketahui, maka Anda bisa mengeceknya dengan mudah. Biasanya ip public ini diperlukan untuk diketahui untuk mengecek CCTV yang Anda pasang dirumah. Dengan menggunakan ip public yang dimiliki oleh modem Anda, maka jika Anda bepergian jauh tetap bisa memantau keadaan rumah melalui CCTV yang bisa dicek secara online melalui ip public ini.
Advertisement