Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut, Tradisional

Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut, Tradisional
Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut, Tradisional
cara-mengetahui-kehamilan-dengan-menekan-perut,cara-mendeteksi-kehamilan-usia-1-minggu,cara-mengetahui-kehamilan-dengan-pasta-gigi

Pemeriksaan Leopold, Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut - Pemeriksaan Leopold merupakan suatu metode yang dikembangkan Christian Leopold. Metode ini menggunakan teknik pemeriksaan yang menggunakan tangan untuk memeriksa umur kehamilan maupun posisi bagian janin. Pemeriksaan ini dapat dilakukan ketika kehamilan sudah menginjak usia 24 minggu. Sedangkan cara mendeteksi kehamilan usia 1 minggu masih sulit dilakukan, baik dengan cara meraba maupun menggunakan testpack.

Adapun cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut melalui pemeriksaan dapat dilakukan dalam beberapa tahapan yang meliputi: Langkah Tradisional: Adakalanya seorang Wanita menginginkan untuk dapat mengetahui kehamilannya dengan cara tradisional yang mana biasanya dengan meraba atau memijat lembut pada perut. Dimana nantinya dapat mengetahui hamil atau gaknya tergantung dari apa yang di rasa lewat meraba perutnya tersebut. Biasanya memijat atau meraba perut ini dilakukan dengan agak menekan namun lembut dan sangat berhati hati di bagian bawah perut sebelah kiri. Bilamana ada terasa seperti bulatan kecil mukin sebesar ibujari, besar kemukinan itu janin yang masih berbentuk gumpalan daging. Dan untuk tahu pastinya sebaiknya di USG, karna kalau itu bukan janin, berati ada kelainnan atau mukin Tumor.

Ada Pun Suatu Metode Dari Christian Leopold Adalah Berikut Ini

Tahapan Pertama
Tahap pertama cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut melalui pemeriksaan Leopold bertujuan untuk mengetahui umur kehamilan serta bagian janin bayi yang ada pada perut ibu bagian atas. Tahapan ini dilakukan dengan menekuk lutut ibu dengan sudut 450.

Pemeriksaan kemudian dilakukan dengan menghadap kearah pasien. Lalu dilakukan pengukuran dibagian uterus menggunakan dua tangan. Pengukuran ini dilakukan dari bagian samping umblicial. Kedua tangan yang meraba fundus juga akan menentukan TFU. Selanjutnya ujung tangan tersebut digunakan untuk menentukan bagian dari janin.

Tahapan kedua
Tahap kedua dilakukan untuk mengetahui letak dari kepala janin. Cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut ini dilakukan dengan posisi ibu hamil dan pemeriksa yang sama seperti tahap pertama. Pemeriksaan kemudian dilakukan dengan meletakkan telapak dari tangan kiri di dinding perut bagian lateral kanan.

Sedangkan telapak dari tangan kanan di dinding perut bagian lateral kiri. Kemudian lakukan penekanan secara bergantian dan dilanjutkan dengan menggeser ke bawah. Rasakan bagian yang memanjang menuju bagian kecil dan yang rata.

Tahapan ketigaSelanjutnya dilakukan tahapan ketiga yang berfungsi menentukan bagian bokong ataupun kepala janin di perut ibu bagian bawah. Cara bidan meraba kehamilan pada tahap ini adalah dengan posisi ibu dan pemeriksa yang sama seperti tahap pertama.

Lalu letakkan ujung dari telapak tangan yang kiri ke dinding lateral kiri bawah. Sedangkan bagian telapak tangan yang kanan dibawah perut. Selajutnya adalah melakukan penekanan secara lembut dan bergantian untuk mengetahui bagian-bagian dari janin.

Artikel terkait:
Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Pasta Gigi
5 Cara Akurat Mengetahui Hamil Atau Tidak

Tahapan keemapt

Cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut pada tahap keempat bertujuan menentukan posisi janin dan mengetahui jarak janin dari pintu panggul bagian atas. Dengan pemeriksaan ini dapat diketahui apakah bagian terendah dari janin sudah memasuki pintu panggul bagian atas atau belum. Penurunan bagian kepala pun dapat teraba dengan teknik yang dilakukan pada tahap keempat ini.

Langkah-Langkah Lainnya Untuk Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Bagian Perut

Perut bawah berasa penuh ketika meraba dibarengi sedikit menekannya. Disaat hamil, sebagian perempuan mera perut nya berasa penuh saat meraba dengan sesdikit tekanan di bagian sisi bawah. Hal seperti ini berlangsung karena adanya beberapa factor. Bisa disebabkan karena ada dampak hormonal waktu hamil. Dengan terjadinya peningkatan kandungan hormone progesterone serta hormone estrogen dalam tubuh waktu hamil akan mengakibatkan gerakan usus menjadi pelan/melambat. Hingga makanan kita asup serta gas akan diolah lebih lama serta juga akan berada dilambung dan usus kita yang menyebabkan pada rasa penuh pada perut. Selanjutnya perubahan janin 1 bulan yang kian jadi membesar akan memberi dorongan pada sistem pencernaan dan menghalangi gerakan usus kita.

Nyeri atau Ngilu perut bawah pada waktu meraba di barengi sedikit menekan. Ngilu pada perut sisi bawah waktu hamil dapat karena disebabkan banyak hal, pertama karena kehamilan yang makin jadi membesar akan membuat ligamentum penggantung rahim dengan dinding rahim jadi makin melar serta tertarik hingga menyebabkan munculnya ngilu. Tempat ligamentum ada pada kanan serta kiri rahim hingga ngilu akan dirasa di ke-2 bagian atau berpindah-pindah. Factor ke-2 yakni karena ada desakan pada kandung kemih karena membesarnya Rahim, inlah sebabnya berasa nyeri atau ngilu saat meraba dengan sedikit menekannya .

Merasa tidak nyaman waktu meraba dibarengi sedikit menekan. Perasaan tidak nyaman di perut seringkali dirasa beberapa Wanita hamil. Selayaknya perasaan tidak nyaman pada perut atau perut merasa begah adalah hal yang normal dalam keadaan sedang hamil,khusus di awalnya kehamilan sampai ke-3 bulan kehamilan. Hal seperti ini dipicu karena ada pergantian hormon waktu hamil.

Merasa ingin kencing pada saat meraba dengan sedikit menekan. Seringkali buang air kecil saat hamil merupakan hal yang lumrah terjadi di setiap Wanita. Janin yang senantiasa berkembang akan membuat rahim jadi membesar serta mendorong bagian kandung kemih, tanpa meraba saja sudah berasa ingin kencing, apalagi jika meraba sedikit tekanan. Inilah yang membuat Wanita hamil akan seringkali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Lebih waktu ditiga bulan pertama karena itu pemicu seringkali kencing pada ibu hamil bukan sekedar desakan pada kandung kemih, tetapi juga pergantian hormon berlangsung dengan mendadak.

Merasa sangat mual bila meraba di barangi sedikit menekan. Mual serta bisa sampai muntah merupakan situasi umum yang berlangsung kala hamil. Akan tetapi butuh dilihat kalau saja intensitas mual serta muntah terlalu berlebih akan mengakibatkan ibu serta janin bisa kekurangan nutrisi penting. Untuk penangannya anda bisa hindari makanan yang asam serta pedas saat kehamilan.

Sering berasa kram saat meraba sambil sedikit menekan. Waktu hamil, alami kram pada perut sisi bawah masihlah termasuk normal. Dengan perubahan bayi serta rahim akan berefek juga pada perubahan tubuh sang ibu. Beberapa pemicu kram diantaranya : Dorongan pada otot sendi serta pembuluh darah. Waktu hamil, dorongan pada otot sendi, serta pembuluh darah akan bertambah serta memunculkan ngilu. Ada peregangan ligament, yaitu ligament untuk menghubungkan tulang berfungsi untuk mensupport perkembangan Rahim ang Ibu. Ada gas berlebih dari biasanya dalam perut. Penambahan hormon progesterone mengakibatkan otot perut lebih santai yang menyebabkan pencernaan makanan lebih lambat/ pelan.

Rahim berasa kencang ketika meraba dibarengi sedikit menekan. Merasa kencang waktu meraba bagian posisi Rahim dengan agak ditekan dapat dikarenan rahim telah berkembang serta akan mendorong dinding perut. Perihal ini pula yang membuat perasaan kencang pada perut. Sekurang-kurangnya keadaan ini apat berlangsung selama 12 minggu kehamilan Awal.

Sakit punggung bawah. Umumnya ibu hamil akan mengeluhkan rasa sakit di bagian punggung atau perasaan pegal pada otot-otot punggungnya. Ibu bisa lakukan pijat mudah untuk menangani hal itu. Pijatan yang dikerjakan juga bukan pijatan yang kuat akan tetapi sebatas untuk memudahkan perasaan sakit serta merelaksasi. Sakit punggung berlangsung karena perubahan janin yang makin jadi membesar bersamaan dengan bertambahnya umur kehamilan. Tidak hanya punggung kadang pinggang akan merasa sakit saat kehamilan.

Sakit pada ulu hati. Saat melakukan tindakan fisik ibu hamil maka dapat dikerjakan meraba dan membuat sedikit tenekanan pada perut serta ulu hati. Bila ibu hamil rasakan nyeri waktu ditekan sekitaran ulu hati jadi bisa saj diagnose akan ke arah penyakit maag atau penyakit lambung. Bila nyeri terus-terusan karena itu cermati tanda-tanda heartburn.

cara-mendeteksi-kehamilan-usia-1-minggu,cara-mengetahui-kehamilan-dengan-pasta-gigi,cara-mengetahui-kehamilan-dengan-menekan-perut

Keputihan awal kehamilan. Saat hamil ada pergantian hormone estrogen bisa menyebabkan keputihan. Frekwensi keputihan waktu hamil yang bertambah merupakan hal yang normal. Tetapi bila anda merasakan ada pergantian warna pada keputihan dengan disertai beberapa gejala tertentu karena itu waspadai lantaran di curiga terdapatnya infeksi.

Merasa Perut lebih besar. Bentuk badan ibu hamil akan punya pengaruh pada ukuran perut ibu waktu hamil. Bila anda mempunyai ukuran perut yang kecil sebelum kehamilan karena itu perubahan waktu hamil tidak demikian tampak kala di awal kehamilan. Umumnya perubahan bentuk perut baru akan tampak waktu bayi mulai berkembang serta besar di awal 4 bulan usia kehamilan.

Cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut melalui pemeriksaan Leopold dan juga meraba perut ini dapat dilakukan bidan yang telah mendapatkan pelatihan. Selain dapat mengetahui posisi janin dan umur kehamilan, metode ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan janin maupun tanggal kelahiran bayi. Dengan melakukan pemeriksaan yang rutin di bidan ataupun dokter kandungan, kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan bayinya dapat selalu terjaga.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page