Cara Mengetahui Password Facebook Instagram Wifi juga Melacak No Hp dan Hp Hilang

Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut, Tradisional

Pemeriksaan Leopold, Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut - Pemeriksaan Leopold merupakan suatu metode yang dikembangkan Christian Leopold. Metode ini menggunakan teknik pemeriksaan yang menggunakan tangan untuk memeriksa umur kehamilan maupun posisi bagian janin. Pemeriksaan ini dapat dilakukan ketika kehamilan sudah menginjak usia 24 minggu. Sedangkan cara mendeteksi kehamilan usia 1 minggu masih sulit dilakukan, baik dengan cara meraba maupun menggunakan testpack.

cara-mengetahui-kehamilan-dengan-menekan-perut,cara-mengetahui-kehamilan-dengan-pasta-gigi,cara-mendeteksi-kehamilan-usia-1-minggu,
Adapun cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut melalui pemeriksaan dapat dilakukan dalam beberapa tahapan yang meliputi:
Artikel terkait:

  1. Langkah Mudah Cara Mengetahui Nomor Bolt Yang Tidak Tersimpan
  2. 3 Cara Mengetahui Nomor Simpati Telkomsel Dengan Cepat dan Mudah
  3. Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Pasta Gigi, Test Pack Atau USG
  4. Cara mengetahui hamil atau tidak 
Langkah Tradisional: Adakalanya seorang Wanita menginginkan untuk dapat mengetahui kehamilannya dengan cara tradisional yang mana biasanya dengan meraba atau memijat lembut pada perut. Dimana nantinya dapat mengetahui hamil atau gaknya tergantung dari apa yang di rasa lewat meraba perutnya tersebut. Biasanya memijat atau meraba perut ini dilakukan dengan agak menekan namun lembut dan sangat berhati hati di bagian bawah perut sebelah kiri. Bilamana ada terasa seperti bulatan kecil mukin sebesar ibujari, besar kemukinan itu janin yang masih berbentuk gumpalan daging. Dan untuk tahu pastinya sebaiknya di USG, karna kalau itu bukan janin, berati ada kelainnan atau mukin Tumor.

Ada Pun Suatu Metode Dari Christian Leopold Adalah Berikut Ini

Tahapan Pertama
Tahap pertama cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut melalui pemeriksaan Leopold bertujuan untuk mengetahui umur kehamilan serta bagian janin bayi yang ada pada perut ibu bagian atas. Tahapan ini dilakukan dengan menekuk lutut ibu dengan sudut 450.

Pemeriksaan kemudian dilakukan dengan menghadap kearah pasien. Lalu dilakukan pengukuran dibagian uterus menggunakan dua tangan. Pengukuran ini dilakukan dari bagian samping umblicial. Kedua tangan yang meraba fundus juga akan menentukan TFU. Selanjutnya ujung tangan tersebut digunakan untuk menentukan bagian dari janin.

Tahapan kedua
Tahap kedua dilakukan untuk mengetahui letak dari kepala janin. Cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut ini dilakukan dengan posisi ibu hamil dan pemeriksa yang sama seperti tahap pertama. Pemeriksaan kemudian dilakukan dengan meletakkan telapak dari tangan kiri di dinding perut bagian lateral kanan.

Sedangkan telapak dari tangan kanan di dinding perut bagian lateral kiri. Kemudian lakukan penekanan secara bergantian dan dilanjutkan dengan menggeser ke bawah. Rasakan bagian yang memanjang menuju bagian kecil dan yang rata.
Tahapan ketiga
Selanjutnya dilakukan tahapan ketiga yang berfungsi menentukan bagian bokong ataupun kepala janin di perut ibu bagian bawah. Cara bidan meraba kehamilan pada tahap ini adalah dengan posisi ibu dan pemeriksa yang sama seperti tahap pertama.

Lalu letakkan ujung dari telapak tangan yang kiri ke dinding lateral kiri bawah. Sedangkan bagian telapak tangan yang kanan dibawah perut. Selajutnya adalah melakukan penekanan secara lembut dan bergantian untuk mengetahui bagian-bagian dari janin.

Tahapan keemapt

Cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut pada tahap keempat bertujuan menentukan posisi janin dan mengetahui jarak janin dari pintu panggul bagian atas. Dengan pemeriksaan ini dapat diketahui apakah bagian terendah dari janin sudah memasuki pintu panggul bagian atas atau belum. Penurunan bagian kepala pun dapat teraba dengan teknik yang dilakukan pada tahap keempat ini.

cara-mengetahui-kehamilan-dengan-menekan-perut,cara-mengetahui-kehamilan-dengan-pasta-gigi,cara-mendeteksi-kehamilan-usia-1-minggu,

Cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut melalui pemeriksaan Leopold dapat dilakukan bidan yang telah mendapatkan pelatihan. Selain dapat mengetahui posisi janin dan umur kehamilan, metode ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan janin maupun tanggal kelahiran bayi. Dengan melakukan pemeriksaan yang rutin di bidan ataupun dokter kandungan, kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan bayinya dapat selalu terjaga.
Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Meraba Perut, Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Intan Nuraini