Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Atau PC Specification

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Atau PC Specification
Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Atau PC Specification
Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Atau PC Specification - Spesifikasi laptop ataupun PC menjadi hal yang wajib diketahui oleh semua pemiliknya. Dengan mengetahui spesifikasi ini kita akan tahu apakah sebuah program ataupun game dapat diinstal diperangkat tersebut atau tidak. Ketika perangkat mengalami kerusakan, kitapun bisa tahu hardware macam apa yang harus dibeli. Sebenarnya beberapa laptop memasang stiker yang berisi keterangan mengenai spesifikasinya, tetapi jika tidak ada maka cara mengetahui spesifikasi Laptop Atau PC spesification perlu diterapkan.

cara-melihat-spesifikasi-laptop-windows-8,cara-melihat-spesifikasi-laptop-windows-7,cara-melihat-spesifikasi-laptop-acer,cara-melihat-spesifikasi-laptop-yang-bagus,

Langkah Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Kita Dapat Dilakukan Dengan Tahapan Berikut Ini

1. Mengetahui spesifikasi laptop dengan aplikasi Speccy
Speccy merupakan aplikasi cara mengetahui spesifikasi Laptop Atau PC spesification yang dapat memberikan informasi cukup lengkap. Operation system atau OS, jenis prosesor dan motherboard bisa kita ketahui dengan aplikasi ini. Selain itu kita juga bisa mengetahui kapasitas RAM, jenis dan kapasitas harddisk serta optical drives dari laptop. Cara mengetahui spesifikasi laptop sendiri dengan menggunakan aplikasi ini dilakukan dengan terlebih dahulu mendownload dan menginstal aplikasinya. Setelah itu buka aplikasi tersebut, dan spesifikasi laptop-pun dapat segera Anda ketahui di jendela informasi.

2. Mengetahui spesifikasi laptop tanpa aplikasi
Selain menggunakan aplikasi, cara mengetahui spesifikasi Laptop Atau PC spesification juga dapat dilakukan tanpa aplikasi. Jika sistem operasi yang digunakan adalah Windows 8.1 atau Windows 10, maka cara mengetahui spesifikasinya dapat dilakukan dengan masuk ke ‘Setting’ lalu ‘System’, dan kemudian klik ‘About’. Dengan cara ini versi Windows, RAM dan juga CPU yang digunakan dapat diketahui. Jika Operation System yang digunakan adalah Windows XP ataupun Windows 7, maka pada My Computer lakukan klik kanan dan pilih ‘Properties’ ataupun ‘System Properties’.
Sedangkan untuk melakukan pengecekan spesifikasi VGA atau GPU, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan Win+R. Setelah Windows Run terbuka, ketik dxdiag. Langkah ini akan membuka Windows DirectX. Selanjutnya lakukan klik pada tab display untuk bisa menemukan spesifikasi dari VGA maupun GPU tersebut. Cara mengetahui spesifikasi Laptop Atau PC spesification selanjutnya adalah mengklik tab render. Dengan demikian spesifikasi VGA dan GPU yang terpasang dengan cara dedicate dapat diketahui. Cara lain mengetahui spesifikasi VGA dan GPU adalah menggunakan device manager.

Selain kedua cara mengetahui spesifikasi Laptop Atau PC specification diatas, beberapa aplikasi lain juga bisa digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalh HWinfo, GPU-Z serta CPU-Z. Masing-masing aplikasi tersebut tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, yang akan menjadi alasan Anda untuk memilihnya. Selain untuk laptop atau PC, beberapa aplikasi seperti CPU-Z juga dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi dari smartphone. Berbagai aplikasi yang bisa diunduh dari Google Play Store memang dapat memberikan banyak kemudahan yang pastinya sangat bermanfaat untuk kemajuan teknologi.
Advertisement