Cara Menentukan Arah Kiblat Secara Manual

Cara Menentukan Arah Kiblat Secara Manual
Cara Menentukan Arah Kiblat Secara Manual
Ini Dia Cara Menentukan Arah Kiblat Secara Manual yang Mudah - Masih belum tahu bagaimana cara menentukan arah kiblat secara manual? Simak uraian berikut ini yang akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara menentukan arah kiblat. Menentukan arah kiblat di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini memang sangat mudah. Terutama berkat adanya aplikasi-aplikasi smartphone yang super canggih untuk menentukan arah kiblat.

cara-menentukan-arah-kiblat-di-rumah,arah-kiblat-timur-atau-barat,cara-menentukan-arah-kiblat-dengan-google-map,menentukan-arah-kiblat-lewat-internet,

Hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi menentukan arah kiblat di tempat-tempat baru. Lalu, bagaimana jika Anda berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk penggunaan smartphone? Simak pembahasan berikut ini. Cara menentukan arah kiblat secara manual tentu sangat Anda butuhkan jika Anda mengalami masalah tersebut.

Menentukan arah kiblat sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya yaitu:

1. Memanfaatkan matahari
Untuk menentukan kiblat secara mudah dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan matahari. Ketahuilah dimana barat dan timur dengan memperhatikan dari mana matahari terbit dan dimana tenggelamnya. Jika Anda sudah mengetahui mana barat dan mana timur, Anda akan lebih mudah mengetahui ke mana arah kiblat sebenarnya. Cara menentukan arah kiblat secara manual ini sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu.

2. Menggunakan kompas
Anda juga dapat memanfaatkan kompas untuk menentukan arah kiblat. Kompas memang tidak dapat memberi tahu dimana arah kiblat yang tepat. Namun sama seperti langkah sebelumnya, Anda sudah dapat mengetahui mana arah mata angin. Dengan begitu Anda dapat mengetahui arah kiblat setelah mengetahui arah mata angin.

Cara melihat arah kiblat ini sangat bermanfaat jika Anda tidak dapat mengandalkan matahari. Misalnya saja karena cuaca sedang mendung atau bahkan hujan, tentunya sulit bagi Anda untuk melihat dari mana matahari terbit atau tenggelam.
3. Membuat jam matahari
Cara menentukan arah kiblat secara manual berikutnya yaitu dengan membuat jam matahari. Cara yang satu ini masih memanfaatkan matahari untuk mengetahui arah kiblat secara manual. Jadi jika Anda tidak mungkin untuk menggunakan cara ini, maka gunakanlah cara yang kedua.

Baca juga:
5 Cara Mengetahui Orang Berbohong Dengan Melihat Gerak-Geriknya
Cara Mengetahui Bakat Anak yang Harus Diketahui Orang Tua
Cara Mengenali Diri Sendiri Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui

Caranya yaitu dengan menyediakan tongkat lurus sepanjang 1 meter lalu letakkan di tempat datar. Setelah itu buat garis untuk bayangan yang muncul dan tandai sebagai arah barat. Lalu, tunggu sampai matahari mulai tenggelam dan buat garis lain untuk menandai bayangan yang muncul lagi sebagai arah timur.

Cara mengetahui arah kiblat sebenarnya sangat mudah jika Anda sudah mengetahui mana barat dan mana timur. Untuk itu lakukan cara-cara di atas untuk mengetahui arah mata angin secara pasti. Jika sudah, maka Anda dapat menentukan arah kiblat untuk ibadah solat Anda dengan benar. Memanfaatkan matahari memang sangat manjur untuk mengetahui arah mata angin. Namun jika Anda tidak dapat melihat matahari karena cuaca yang tidak mendukung, manfaatkan kompas untuk menentukan arah kiblat. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara menentukan arah kiblat secara manual.
Advertisement