Cara Mencari NISN di Internet yang Super Mudah

Cara Mencari NISN di Internet yang Super Mudah
Cara Mencari NISN di Internet yang Super Mudah
Cara Mencari NISN di Internet yang Super Mudah - Cara mencari NISN di internet tidaklah sulit untuk dilakukan, cara-caranya sangat sederhana. Bagi siswa yang lupa NISN Anda berapa, silakan saja untuk mencarinya di internet secara mudah. NISN sendiri merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN berbeda dengan NIS atau Nomor Induk Siswa. NIS merupakan nomor induk siswa yang dikelola oleh sekolah, namun NISN merupakan nomor induk siswa yang datanya dikelola oleh pemerintah. NISN termasuk sebagai data pendidikan dan dikelola oleh Pusat Data Statistik Kemdiknas. NISN mulai diberikan kepada siswa sejak masuk ke jenjang SD atau Sekolah Dasar.
Sementara NISN ini akan banyak digunakan seperti pendaftaran SMP dan SMA, penerimaan rapor, pemberian beasiswa dan lain sebagainya. Untuk itu lakukan cara mencari NISN di internet berikut ini jika siswa lupa NISN Anda.

Ada banyak program pendidikan yang memerlukan NISN, oleh sebab itu jangan dilupakan begitu saja. Karena NISN sangat penting untuk berbagai program pendidikan dan sebagai kode pengenal siswa, lakukan cara mencari NISN online berikut ini.

Cara-cara berikut ini sangat sederhana sehingga mudah untuk dilakukan, ini dia cara-caranya:

1. Kunjungi http://nisn.data. kemdikbud. go/page.data
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah masuk atau mengunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go/page/data. Kemdikbud secara khusus membuat halaman ini untuk mempermudah para siswa yang lupa atau tidak tahu NISN dengan mudah. Untuk mengaksesnya, Anda dapat menggunakan komputer atau android yang tentunya saja terhubung dengan internet.

2. Pilih tab Pencarian Berdasarkan Nama
Cara mencari NISN di internet berikutnya yaitu pilih atau klik tab Pencarian Berdasarkan Nama. Di halaman tersebut, Anda dapat melihat 2 tab dan tab yang sudah terbuka adalah tab Pencarian Berdasarkan NISN. Tab ini dapat digunakan untuk mencari tahu mengenai informasi siswa berdasarkan NISN.

Namun karena Anda sendiri masih belum tahu atau lupa NISN, maka tab yang harus Anda pilih adalah tab Pencarian Berdasarkan Nama. Cara mencari NISN secara online ini dapat dilakukan siapa saja. Asalkan mengetahui nama, tempat lahir dan juga tanggal lahir yang tepat dan lengkap.

3. Masukkan data diri siswa
Selanjutnya, langsung saja masukkan data diri siswa yang ingin diketahui NISN-nya. Masukkan nama, tempat lahir dan tanggal lahir lalu klik tombol cari. Tunggu beberapa saat sampai informasi mengenai data siswa dapat muncul lengkap. Jika Anda sudah selesai melakukan cara mencari NISN di internet ini, segera simpan NISN agar tidak perlu mencarinya lagi di internet.

Untuk memasukkan data diri sendiri, sebaiknya masukkan nama lengkap jika nama Anda tidak terlalu panjang. Misalnya saja Agus Purwanto, maka ketikkan ‘Agus Purwanto’ di kolom nama. Namun jika nama Anda cukup panjang, maka gunakan singkatan secukupnya.

Misalnya saja Andi Pratama Wijaya, maka masukkan ‘Andi Pratama W.’ di kolom nama. Jika Anda sudah selesai melakukan pencarian, data yang muncul antara lain yaitu NISN, nama, jenis kelamin, tempat lahir dan tanggal lahir. Bagaimana, sangat mudah bukan cara mencari NISN di internet ini? Semoga bermanfaat.
Advertisement